26 June 2011

Cara Nyanyi Part 2-by:Kezia

Posted by KZ at 12:52
Reactions: 
5 comments
Halo teman2...:)
Saya mau kasih info lagi nih tentang menyanyi... Ada organ tubuh kita yang ga kalah pentingnya selain TANGAN untuk membantu produksi suara lebih bagus...

Dan organ tubuh itu adalaaahhhh....

eng ing eng...

LIDAH!

***Gimana cara menggunakan lidah yg benar pada saat nyanyi??
1. Lidah harus diletakkan di belakang gusi bawah (dekat gigi, tapi jangan terlalu bawah). Bahkan pada saat awal qta ambil nafas, lidah harus sudah ditempelkan ke gusi.

2. Pada saat membunyikan huruf konsonan seperti D, L, N, R, S, T lidah boleh diangkat ke atas, tapi hanya sebentar saja. Jadi, tetap yang harus dipanjangkan yaitu huruf vokalnya...

3. Pada saat ingin volume suara kecil, jangan terlalu tekan lidah ke gusi, tapi jika ingin suara lebih keras, coba tekan lidah ke gusi. Itu akan sangat membantu.

***Apa sih fungsinya??
1. Untuk mencegah suara lari ke leher, yang berakibat fals atau sakit tenggorokan
2. Untuk mengatur volume suara
3. Untuk mengontrol nada

Sekian tips menyanyi yang saya dapatkah selama les vokal.. Semoga berguna buat teman2 semua!:)
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

05 June 2011

Cara Nyanyi Part 1 - by:Kezia

Posted by KZ at 12:59
Reactions: 
7 comments

Permasalahan gw, kalo nyanyi ga bisa ekspresif!
1 lagi, kalo nyanyi, ga PD pake suara asli, jadi seringnya pake falseto…
Setelah les di Elfa’s, gw dapet cara2 nyanyi yang benar…
Ternyata, yang harus banyak dipake pas nyanyi tuh TANGAN!
Kenapa? Apa hubungannya??
Perhatiin deh kalo artis2 yang profesional nyanyi (misalnya: Charice, Tompi, Agnes Monica), mereka tuh nyanyi sambil tangannya gerak2. Itu bukan buat sekedar gaya-gayaan loh…
*** FUNGSI:
1. Mengatur keras lembut suara
Kalo pengen lembut, buka aja tangannya pelan… Tapi kalo mau keras suaranya, tinggal kencangkan otot2 tangan kita„, Pasti suara qta juga ikut jadi keras!
2. Mengontrol nada
Waktu nada awal mulai, letakkan tangan kita dengan mantap (supaya nada ga goyang). Lalu, waktu ambil nada tinggi, naikkan tangan sambil kencangkan otot tangan supaya suara berpower dan ga goyang.
3. Mengeluarkan Ekspresi
Kalo kita udah terbiasa nyanyi pake tangan, coba latih supaya tangannya ga terlalu heboh supaya orang lain ga terganggu. Lama-lama, tangan yang fungsinya untuk membantu kita menyanyi itu akan menjadi alat untuk kita bergaya. Ekspresi kita pun bakal keluar dengan sendirinya, dibanding kalo tangan kita cuma diam.
Selain tangan, yg ga kalah penting tuh PERNAPASAN.
Nyanyi itu harus pakai napas diafragma. Kenapa sih???
Soalnya kalo pake nafas dada, suara kita akan lari ke leher, akibatnya kita mudah serak dan suara kita mudah goyang!
*** Cara mengecek nafas (sudah pake nafas diafragama atau belum):
1. Pada saat nafas, bahu tidak boleh terangkat
2. Cara mengambil nafas diafragma itu dari mulut, seperti orang kaget.
3. Jika menggunakan nafas diafragma, perut akan terus mengencang dan mengendur. (Pasti cape, tapi hasilnya akan jauh lebih bagus!)
Nah, mudah kan? cobain deh, friends…;)

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO
 

Template Copy by Blogger Templates | BERITA'KU |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES